Rabu, 14 November 2018

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA MANUAL DAN OTOMATIS

HALLO GUYS....

Kamu tau nggak sih apa itu daftar isi?

Aku yakin kalian semua sudah tau apa itu daftar isi.
Daftar isi merupakan bagian yang sangat penting yang ada dalam makalah, skripsi, laporan, buku atau karya tulis lainnya. 

Hal ini karena daftar isi memberikan informasi tentang bab, sub bab, isi dan halaman makalah.
Hal tersebut akan memudahkan pembaca atau si pencari TOPIK untuk memperoleh topik yang dia harapkan.

Kenapa harus ada daftar isi?
Kalau tidak ada daftar isi kita kan kebingungan untuk menemukan materi yang kita cari.

Misal kita membaca buku dengan tebal sekitar 300 halaman, kemudian kita mencari salah satu sub bab dalam buku tersebut.

Jika kita tidak melihat daftar isi maka kita akan membuka lembar per lembar dari buku tersebut dan itu memakan waktu yang lama, dibandingkan dengan adanya daftar isi.

Dengan persoalan yang sama, kita dapat menemukan sub bab yang kita cari dengan melihat daftar isi dan itu jauh lebih efektif dan efisien.

Selain itu dengan adanya daftar isi penulis akan lebih mudah dalam menyusun materi secara sistematis.

Daftar isi hampir sama seperti kerangka dalam penulisan karya tulis. 

kerangka akan membantu penulis untuk menyusun tulisannya dengan lebih rapi.
Kerangka Artikel

Seperti apa yang selalu aku tulis sebelum menulis artike.
Aku selalu membuat kerangkanya terlebih dahulu.

itu sangat membantu aku dalam mencari informasi atau data riset.
Mengarahkanku untuk menulis apa. 

dan itu meningkatkan kemampuanku dalam menulis.

Hal yang sama saya fikir akan berlaku juga jika kita bisa menuliskan daftar isi kita terlebih dahulu (belum di kasih nomor halaman).

Cara Membuat Daftar Isi Pada Ms. Word
Perhatikan penomoran terlebih dahulu.
Pada penomoran sebuah "daftar isi", antara halaman judul, kata pengantar, daftar isi dengan BAB I, BAB II, BAB III dan BAB seterusnya berbeda.

Penomoran pada halaman judul, kata pengatar, dan daftar isi menggunakan angka romawi.
Sementara penomoran pada BAB menggunakan penomoran bilangan angka.

Contoh :
Penomoran menggunakan bilangan romawi.
Halaman Judul................................................................................ i
Kata Pengantar .............................................................................. ii
Daftar isi ....................................................................................... iii

penomoran menggunakan bilangan angka
BAB I. Pendahuluan ..................................................................... 1
A. Latar Belakang ......................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................... 3
dan seterusnya . . .
Hal yang paling penting dalam membuat daftar isi adalah ketelitian, jangan sampai penulis salah dalam memberikan nomor atau menempatkan nomor.

Kesalahan tersebut dapat membuat pembaca menjadi kebingungan untuk mencari poin-poin penting dalam tulisan tersebut (makalah, buku, atau laporan dll).

Dalam membuat daftar isi, terkadang kita sering membuat dengan tidak rapi.
titik yang terdapat pada daftar isi kita cendrung asal-asalan.
itu sering terjadi, khususnya bagi seseorang yang baru pertama kali membuat karya tulis.

Seperti ini.
Contoh Daftar Isi yang tidak rapi
Lalu bagaimana cara agar bisa membuat daftar isi yang rapi?

Ada dua cara yang dapat kita gunakan dalam membuat daftar isi di Ms. Word

1) Cara pertama adalah cara yang mudah, aku sebut sebagai cara manual.

Kelebihan dari cara manual yaitu untuk membuatnya tidak begitu rumit dan sangat mudah, namun kekurangannya yaitu jika karya tulismu itu banyak atau berhalaman-halaman kamu akan sulit untuk menentukan halaman berapa sub pembahasan tertentu.

Apalagi jika kmau harus mengubah dengan menambah dan mengurangi isi, sehingga berubahan letak halaman pada sub tertentu. Itu akan menambah kerja mu.

2) Cara yang sedikit ribet di awal, tapi enak di akhir hehehe :)
atau aku sering disebut sebagai cara membuat daftar isi secara otomatis pada Ms. Word.

Kekurangan yang ada pada cara ini yaitu sulit untuk membuatnya, karena bisa di bilang ribet.
Tapi keuntungannya sangat bagus. Kita tidak perlu skroll naik dan turun untuk memberikan penomoran pada daftar isi. Karena penomoran terisi secara otomati.

Mau tau cara membuatnya?

Lanjut baca dan praktikkan langsung, karena kalau cuman di baca susah.

Cara membuat daftar isi secara manual pada Ms. Word

1. Masuk ke Ms. Word
2. Perlihatkan rulernya (jika belum nampak), kamu bisa memunculkannya dengan : Pilih view - cari tulisan ruler - kemudian centang, jika belum di centang. Maka ruler pada bagian atas akan nampak.


3. Tuliskan bagian daftar isi, seperti halaman judul, kata pengantar, daftar isi, BAB I dan seterusnya.
4. Menambahkan titik-titik yang rapi, kamu lakukan dengan cara:
a. Tempatkan kursor disamping halaman judul.
b. KLIK dua kali, pada ruler yang menjadi tujuan panjang dari titik-titik

c. Akan muncul pop-art "Tabs" pada aligment kamu pilih left, sementara pada leader kamu pilih no. 2

d. Kembali letakkan kursor di samping halaman judul dan "Klik Tab" maka akan uncul garis titik-titik dengan jarak seperti yang telah kamu tentukan.

Demikian kamu tulis terus dan sesuaikan sampai komponen terakhir dalam daftar isi kamu.

Note : Ilustrasi menggunakan Ms. Word 2010


Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Pada Ms. Word

1. Seperti biasa, masuk ke aplikasi Ms. Word
2. Buka FIle (Skripsi/Proposal/Buku, atau jenis tulisan lainnya) yang ingin kamu berikan daftar isi.
untuk ilustrasi aku mau kasih contoh membuat daftar isi pada skripsi.
3. Buat halaman kosong sebagai tempat menempatkan daftar isi.
4. Menambahkan style heading pada setiap BAB, SUB BAB, DAN SUB MATERIR LAIN yang akan ditulis ke dalam Daftar isi.
Caranya :
a. Blok Pada BAB/Sub BAB yang akan di masukkan di Daftar isi
b. Klik Home - Lihat Menu Heading Style - Klik Heading 1

Note : Agar Stylenya, untuk heading berikutnya tidak berubah dan sesuai dengan keinginan kita, modif style pada heading 1, dan heading berikutnya sesuai dengan keinginan kamu.
Seperti ini

Modifikasi bentuk tulisan sesuai yang kamu mau.

Lakukan modifikasi untuk Heading 1, heading 2, heading 3 dan seterusnya sesuai dengan jumlah heading yang kamu mau.

5. Pastikan kamu sudah memberikan heading pada semua bagian yang ingin kamu masukkan pada daftar isi.

6. Klik Update Jika ada penambahan BAB atau Sub Bab pada daftar isi.

7. Pembuatan Daftar Isi secara otomatis selesai.

TERIMAKASIH PENJELASAN DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar